上海滩(shanghai tan)

Wednesday, February 14, 2007

KENA DENDA 500 YUAN DI CUNGKUO?? (1)............................................................

Rese banget neh urusan paperwork di Cungkuo. Visa gw kmrn cm dikasih 60 hari dari Cina Embassy d Spore. Sando dapet 180 hari dari Cina Embassy di Jakarta. Heran man! Pdhl tipe visa sama, employment letter dari Spore Management University. Ok gpp.

Skrg tinggal 2.5 minggu sblm Visa gw expire tgl 4 Maret. Jd gw telp Imigrasi di Cungkuo. Mereka minta LIMA dokumen aneh2, including: company's business licence (original), business registry code certificate (copy), registry of stay from local police station (original).

Ok. I decided yg paling gampang yg terakhir paling gampang.

Gw tanya security uncle yg baik itu "dmn local police station?" Lalu dy blg "Gak tau. Gw refer elu ke apartment management". Lalu ktm apt mgmt - orangnya blg "kamu k sini.. cari officer Hu.. kapan kamu mao pergi??" Gw blg "besok". Orangnya tiba2 dgn forceful blg ama gw "ya sebaiknya kamu pergi besok. Gw bkl ngmg ama officer Hu skrg, blg kamu bkl pergi bsk". Heh? Ini gertak nakutin2 gw atau beneran? Denger2 mrk blg, pemerintah Shanghai control registry of stay ketat banget, jd kamu pindah rumah pun musti register.

Gw makan siank tadi. Gw telp 110 (polisi) mao nanya dmn station terdekat. Gila! Mereka bilang "you just wait there, we'll pick you up. we'll bring you to the nearest police station" Gila gw salah denger apa? Gw blg "gak usah". Gw blg ama mrk "Gpp gw yg pergi k sono aja". Gw tiba2 jadi takut man! Lalu gw telp Evan, gw bilang "Kl gw gak telp lu by 5 pm hari ini, lu cari ini ini ini..."

Gw sampe di police station jam 2 siang. Orangnya blg "You'll be fined 500 yuan for not registering your stay within the first 24 hours of arrival." Gw kaget. Huh? Gw pikir kan gw ada visa. Koq kena denda seh?? Aneh bgt. Gw mikir orgnya minta duit kyk d Indo. Gw nanya "bisa bantu gw gak?" Orangnya dengan tegas jawab "Gak bisa dibantu". Lah bukan mao duit, jd beneran neh? Gw sempet telp Evan nanya "gmn neh Van??" Gw coba konfirmasi beneran gak tu. Orangnya suruh gw balik besok bawa duitnya. Terus gw nanya "terus kl misalnya saya turis tinggal d hotel, masa saya mesti register juga?" Orangnya jawab "orang hotel-nya pasti registerin kamu".

Ya ampun... Gw telp sekretaris bos gw, Qian Neng. Gw nanya udah pernah register belom? Dy blm belom. Gw e-mail Dikun, anak SMU yg pernah intern di company gw - blm dapet balesan. Brsan gw e-mail Audrei - udah bingung mao gmn. Skrg gw jd bingung man.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home